Manifestasi Bulan Penuh Keberkahan

BKD Kotabaru – Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan maghfirah-Nya. Bulan yang begitu ditunggu karena amal ibadah dinilai dengan begitu istimewa. Menjalani aktivitas di bulan Ramadhan adalah tantangan tersendiri, termasuk bagi yang tetap bekerja. Bangun dini hari untuk melakukan ibadah dan makan sahur, kemudian dilanjutkan shalat shubuh dan bersiap kembali untuk masuk kantor.

Perubahan jam biologis memerlukan adaptasi bagi setiap orang. Meski pemerintah memberlakukan toleransi untuk jam masuk dan jam pulang kerja selama Ramadhan, tak sedikit orang menjadikan puasa sebagai alasan untuk lemas dan malas-malasan dalam bekerja. Sepatutnya, menahan lapar, dahaga dan segala yang dilarang selama berpuasa tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk tidak semangat bekerja. Justru dengan datangnya bulan Ramadhan, semangat kerja harus meningkat karena bulan ini adalah kesempatan untuk beribadah dengan maksimal.

Kini bulan Ramadhan sudah berada di penghujung. Saatnya merenungi apakah bekal yang kita bawa selama pembelajaran di madrasah Ramadhan sudah cukup untuk menjalani kehidupan di bulan-bulan berikutnya. Selama satu bulan penuh kita ditempa untuk menyeimbangkan antara ibadah dan aktivitas duniawi. Di bulan Ramadhan pula kita diajarkan agar ibadah masuk dalam setiap sendi kehidupan. Semoga Ramadhan kali ini membawa kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang celaka karena tidak mendapat pengampunan dari Allah SWT selama bulan Ramadhan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni oleh Allah ta’ala” (HR. Ahmad, al-Bukhari, Ibnu Hibban dan al-Hakim)

Tak terasa bulan Ramadhan akan berganti dan rutinitas kerja akan kembali. Sebelumnya, ada masa liburan yang dapat dimanfaatkan untuk mudik dan persiapan lebaran. Aktivitas bekerja akan mulai aktif kembali sejak 11 Juli 2016. Semoga ibadah yang dijalankan selama bulan Ramadhan dapat membawa perubahan positif, khususnya untuk meningkatkan kualitas dan etos kerja. Pada akhirnya, segenap Pimpinan dan Karyawan/ Karyawati Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Taqaballahu Minna Wa Minkum. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017