BKD Kotabaru Dalam Bingkai Semangat Karnaval Memperingati Hari Kemerdekaan

BKD Kotabaru – Tahun 2016 ini, 71 tahun sudah Indonesia merdeka, bebas dari penjajah dan menjadi negara yang memiliki hak untuk berkembang menjadi lebih baik. “Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan…” begitulah yang tertera dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, yang dapat disimak minimal satu minggu sekali ketika upacara. Indonesia sebagai negara merdeka adalah suatu hal yang patut disyukuri, dengan kemerdekaan ini kita sebagai warga negara Indonesia dapat melakukan kegiatan tanpa diliputi rasa takut akan penjajahan oleh negara lain. Hal ini sangatlah berbeda dengan kondisi beberapa negara yang sungguh memprihatinkan. Negara-negara tersebut dijajah dengan semena-mena dan siapapun pasti tidak ingin hal itu terjadi pada negaranya.

Kemerdekaan tentu bukanlah hal yang mudah diperoleh, bahkan Indonesia sendiri perlu perjuangan yang berkepanjangan untuk mendapatkannya. Para pahlawan Indonesia rela mengorbankan apapun termasuk nyawanya demi kemerdekaan negeri ini. Dan kini kemerdekaan itu telah kita nikmati, kita yang menikmati hasil perjuangan keras para pahlawan. Kita, bukanlah yang berkorban sekuat tenaga untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Namun nyatanya kita yang menikmati, lalu bagaimanakah cara kita untuk menghormati perjuangan para pahlawan pejuang Kemerdekaan? Bagaimana kita melanjutkan perjuangan para pejuang?

Sebenarnya ada banyak sekali caranya, dari cara resmi yang telah diatur dengan seksama oleh pemerintah (seperti pelaksanaan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia) sampai cara inovasi sendiri yang lahir dari pemikiran dan kreativitas anak bangsa (membuat karya/ menorehkan prestasi yang mengharumkan nama Indonesia). Secara spesifik berkaitan dengan hari kemerdekaan ini, beberapa daerah telah melakukan berbagai cara untuk menyemarakkannya, termasuk juga di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Pemerintah Daerah telah memprogramkan kegiatan khusus memperingati Hari Kemerdekaan RI ini yaitu Syukuran dan Sholat Hajat, Malam Ramah Tamah dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-71, Pawai Taptu, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, sampai pada acara Karnaval Kemerdekaan Indonesia yang diikuti oleh Institusi Pendidikan sampai Instansi/ Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten Kotabaru.

Karnaval Peringatan Hari Kemerdekaan RI ini merupakan hal yang begitu dinantikan dengan antusias oleh masyarakat kabupaten Kotabaru. Setiap peserta karnaval akan menunjukkan eksistensinya dalam peringatan kemerdekaan ini, peserta rela menunggu berjam-jam sampai giliran mereka untuk mulai jalan. Hal ini juga dirasakan oleh pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru, meski memiliki nomor urut yang jauh, namun para pegawai BKD Kabupaten Kotabaru tetap mempersiapkan diri berjam-jam sebelumnya.

Meski pada akhirnya, sekitar pukul 16.30 WITA BKD Kabupaten Kotabaru yang memiliki nomor urut 95 ini bisa memulai start untuk karnaval. Hal ini sama sekali tidak menyurutkan semangat para pegawai BKD Kabupaten Kotabaru untuk mengikuti pelaksanaan karnaval sampai tuntas di garis finish. Keikutsertaan dalam karnaval Peringatan Hari Kemerdekaan RI ini tentu menjadi pengalaman tersendiri yang berkesan bagi setiap peserta yang mengikutinya. Semoga dengan adanya pelaksanaan karnaval ini semakin bertambah pula kesadaran kita akan kondisi bangsa Indonesia yang memang perlu diperjuangkan terus eksistensinya meski sudah meraih status merdeka. Hidup Indonesia!

Berikut adalah beberapa Foto Keceriaan Karyawan – Karyawati BKD Kotabaru saat mengikuti Karnaval

DSC_0713DSC_0705

DSC_0734

DSC_0721

DSC_0837

DSC_0708

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017