Ceramah Agama, Upaya Bina Mental Spiritual PNS

BKD Kotabaru – Rabu, 31 Agustus 2016, Islamic Center Kabupaten Kotabaru dipenuhi oleh sekitar 155 orang yang terdiri dari PNS Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan perwakilan dari majelis ta’lim yang ada di Kabupaten Kotabaru. Kehadiran mereka kali ini adalah dalam rangka mengikuti kegiatan ceramah agama yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru. Acara yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Kotabaru, Ir. H. Burhanuddin ini berlangsung sejak pukul 08.30 WITA sampai sekitar pukul 11.00 WITA. Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Kotabaru menyambut baik diadakannya kegiatan ini dan mendukung terus upaya pembinaan mental spiritual PNS demi mewujudkan PNS yang berkualitas. Beliau juga berpesan bahwa penting bagi PNS untuk mengutamakan keikhlasan dan kedisiplinan dalam bekerja. Keikhlasan dan disiplin adalah dua hal yang berkaitan, ketika seseorang mampu untuk ikhlas dalam bekerja, maka orang tersebut akan mudah untuk menerapkan kedisiplinan dalam pekerjaannya.

Kegiatan ceramah agama ini diisi oleh KH. Zainuddin Rais,  penceramah yang rutin mengisi kajian di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin setiap hari Sabtu Pagi. Dalam ceramahnya, beliau mengutip arti dari sebuah ayat Al-Qur’an (QS. Al-A’raf: 96) yang berbunyi “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi…”Hal ini berarti jika penduduknya beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, maka keberkahan akan dilimpahkan kepada negeri tersebut, maka negeri itu menjadi sebuah negeri/ tempat yang tumbuh makmur dan sejahtera.

Beliau juga menyampaikan tentang rezeki dan takdir bagi tiap-tiap umat manusia yang sudah ditentukan, tidak akan tertukar dan pasti akan terjalani walaupun kita menolaknya. Sebagai contoh “Ketika seseorang ditakdirkan menjadi sesuatu atau menjalani sesuatu, maka orang tersebut pasti menjalaninya meskipun orang-orang sekitarnya menolaknya.” Pada akhirnya ketentuan Allah jualah yang terlaksana.

Selain itu disampaikan pula bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk tak berdaya, semua hal yang kita lakukan adalah merupakan kehendak Allah SWT, sebagai contoh kita berjalan – sesungguhnya Allah lah yang menjalankan, kita hanya dijalankan saja. Coba saja jika atas kehendak kita sendiri tentu tak akan kuasa, hal ini terlihat begitu banyak orang yang lumpuh ingin berjalan, namun Allah tak berikan izin sehingga itu hanya sebatas ingin. Begitu pula dalam hal lain, kita berdiri, kita makan, kita melihat, kita merasa, kita berlari, semua adalah atas izin dan kehendak Allah SWT.

Ceramah disampaikan dalam suasana penuh keakraban, sesekali penceramah menyampaikan beberapa candaan yang disambut riuh tawa para jamaah sehingga suasana menjadi santai dan rileks. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Kesejahteraan Pegawai BKD Kotabaru ini bertujuan agar PNS yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru mendapat penyegaran berupa pembinaan mental spiritual dalam bentuk penambahan wawasan keagamaan. Hal ini sejalan dengan Slogan Bupati Kotabaru “Membangun Dengan Amanah, Jaya Bersama Ummat.” Ketika sesuatu dibangun dengan berlandaskan mental spiritual yang kokoh, maka akan didapatkan hasil yang terbaik. Harapan dari terlaksananya kegiatan ini, PNS dan seluruh peserta dapat mengambil pembelajaran bermanfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur Negara yang berkompetensi dan religius.

Berikut beberapa Foto yang sempat diabadikan oleh Panitia :

DSC_0048

Wakil Bupati Kotabaru Ir. H. Burhanuddin menyampaikan kata sambutan

DSC_0033

Pelafalan Ayat-ayat suci Al-Qur’an

DSC_0065

Ketua MUI Kotabaru, KH. Zainuddin Rais dan Wakil Bupati Kotabaru

DSC_0061

Penyampaian ceramah agama oleh KH. Zainuddin Rais

DSC_0018

Beberapa Tamu Undangan

DSC_0019

Ibu-ibu tak kalah antusias menyimak materi ceramah agama


BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017