Diklat Akuntansi Wujudkan PNS Profesional

BKD Kotabaru – Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru sebagai instansi yang memiliki visi Terwujudnya Manajemen Aparatur Sipil Negara yang Akuntabel dan Profesional, dalam upaya mewujudkan visi tersebut dengan memberikan kesempatan  kepada PNS di lingkungan Pemerintah Kotabaru untuk mengikuti Diklat Akuntansi Pemerintah Daerah. Diklat yang dilaksanakan selama lima hari kerja, dari tanggal 22 sampai dengan 26 Agustus 2016 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.

Diklat Akuntansi Pemerintah Daerah  ini dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Selatan yang diikuti oleh 30 orang PNS. Peserta merupakan perwakilan dari Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru. Pelaksanaan kegiatan yang bertempat di Meeting Room Lantai 3 Hotel Grand Surya Kotabaru berlangsung lancar. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini akan meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintah Kabupaten Kotabaru khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah sehingga mencapai kinerja yang maksimal.

Beberapa materi yang disampaikan dalam diklat antara lain adalah :

  1. Pengantar Akuntansi Keuangan Daerah
  2. Sistem dan Prosedur Akuntansi Keuangan Daerah
  3. Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dan Pemda
  4. Siklus Akuntansi Keuangan Daerah

Narasumber diklat ini berasal dari kalangan profesional BPKP RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan dan Widyaiwara Badan Diklat Prov. Kalimantan Selatan, dengan adanya Diklat ini diharapkan peserta dapat memiliki pemahaman yang benar tentang Akuntansi Pemerintah Daerah dan diakhir diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk menyusun laporan keuangan tingkat SKPD yang akan digunakan sebagai dasar menyusun laporan keuangan Pemda. Sebagaimana diketahui bahwa laporan keuangan adalah salah satu komponen yang akan digunakan dalam pemeriksaan keuangan tahunan oleh BPK RI untuk mencapai Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan kualifikasi tertinggi untuk opini pemeriksaan keuangan.

DSC_0894 DSC_0897 DSC_0906 DSC_0909 DSC_0914

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017