Memaknai Tahun Baru Hijriah: Sebuah Perubahan yang Pasti Terjadi

BKD Kotabaru – Setiap hari waktu terus berjalan, lembaran-lembaran baru terus dibuka dan hari-hari yang baru menyambut kita. Hari yang tidak pernah kita tahu bagaimana nanti kejadiannya. Kini tibalah kita diawal tahun yang baru, tahun 1438 Hijriah. Awal baru yang semoga menjadi penyemangat kita untuk menjadi lebih baik, menjadi pribadi yang mulia dan sepenuhnya mengabdikan diri untuk meraih ridha-Nya.

Mari sejenak kita ingat kembali sejarah tahun baru Islam ini. Sejarah digunakannya sistem perhitungan tahun Islam bermula sejak kejadian di masa Umar bin Al-Khattab r.a. Salah satu riwayat menyebutkan yaitu ketika khalifah mendapat surat balasan yang mengkritik bahwa suratnya terdahulu dikirim tanpa angka tahun. Beliau lalu bermusyawarah dengan para shahabat dan singkat kata, mereka pun berijma’ untuk menjadikan momentum tahun di mana terjadi peristiwa hijrah Nabi saw. sebagai awal mula perhitungan tahun dalam Islam.Sedangkan sistem kalender qamariyah berdasarkan peredaran bulan konon sudah dikenal oleh bangsa Arab sejak lama. Demikian juga nama-nama bulannya serta jumlahnya yang 12 bulan dalam setahun. Bahkan mereka sudah menggunakan bulan Muharram sebagai bulan pertama dan Dzulhijjah sebagai bulan ke-12 sebelum masa kenabian.

Kata hijrah menjadi kata kunci dalam penentuan tahun baru hijriah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata hijrah berarti perpindahan Nabi Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dari Makkah ke Madinah untuk menyelamatkan diri dan sebagainya dari tekanan kaum kafir Quraisy.Saat ini, kata ‘hijrah’ yang secara garis besar artinya berpindah telah digunakan istilahnya untuk berbagai aspek kehidupan. Hijrah bisa juga berarti istilah yang digunakan untuk seseorang yang berpindah untuk menjadi insan yang lebih baik dalam menaati perintah dari Allah SWT. Berpindah dalam hal meninggalkan masa lalu yang tak sesuai dengan perintah agama, menuju masa depan yang lebih mantap. Hijrah, pindah untuk menjadi lebih baik. Sejatinya, begitulah hijrah.

Dalam kehidupan, sebuah perpindahan pasti terjadi. Hal ini karena hidup pada dasarnya adalah kumpulan proses perpindahan, dari satu detik ke detik berikutnya, dari kejadian ke kejadian berikutnya. Tidak ada yang monoton dalam kehidupan kita, adanya dinamika dalam hidup membuat kita harus siap dengan perubahan. Perubahan yang membawa kita untuk berproses atau berpindah dari satu hal ke hal yang lain. Apapun perubahan itu semoga merupakan perubahan yang terbaik dan membawa kebaikan untuk kita.

Semua aspek kehidupan pasti dapat mengalami perubahan, baik itu dalam keluarga, kehidupan sosial sampai dalam lingkup pekerjaan. Untuk itu kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai perubahan yang ada. Perubahan dapat terjadi karena direncanakan atau diluar dugaan. Kini, kita berada di tahun yang baru lagi. Semoga di tahun hijriah yang baru kita masuki ini dapat menjadi sarana pengingat kita untuk bermuhasabah atau merenungi kembali apa saja yang kita lakukan selama ini. Selain itu, momen itu juga dapat dijadikan sebagai pijakan awal untuk menyusun rencana-rencana baru tentang apa saja yang akan kita lakukan untuk mengisi hari-hari selanjutnya. Apapun kegiatan itu, semoga membawa berkah di dunia dan akhirat.

Pimpinan beserta seluruh Karyawan-karyawati BKD Kabupaten Kotabaru mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijiriah 

“Mari berbenah untuk menjadi pribadi yang lebih baik”

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017