Upacara Bendera oleh BKPPD Kabupaten Kotabaru

BKPPD Kotabaru – Senin, 30 Januari 2017 adalah giliran Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) untuk menjadi petugas upacara. Pukul 07.30 WITA PNS dan Non PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru baik yang menjadi petugas, maupun peserta siap melaksanakan Upacara Bendera.

Dalam kesempatan ini, Bapak Zaenal Arifin, S.STP., M.Si selaku Plt. Kepala BKPPD Kotabaru yang menjadi pembina upacara. Beliau menyampaikan beberapa hal penting mengenai kepegawaian, diantaranya yaitu BKPPD Kotabaru yang dulu dikenal sebagai BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kotabaru, pada hakikatnya memiliki tugas pokok dan fungsi yang sama, yaitu melakukan penanganan dalam hal manajemen kepegawaian. Beliau menegaskan bahwa sampai saat ini, BKPPD Kotabaru belum menerima informasi resmi mengenai Penerimaan CPNS dan jika memang ada Penerimaan CPNS, tentu BKPPD sudah menginfokan kepada SOPD serta kepada masyarakat secara luas. Oleh karena itu, diharapkan agar lebih waspada terhadap adanya penipuan yang berkedok penerimaan CPNS, karena sudah banyak yang menjadi korban dari pemalsuan info ini.

Beliau juga menjelaskan tentang tugas BKPPD untuk memfasilitasi pelaksanaan Diklat dan memberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada PNS yang sudah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun, serta mengenai tugas BKPPD untuk menangani Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang wajib dibuat dan dikumpulkan oleh setiap PNS ke BKPPD Kotabaru. Lebih jauh mengenai SKP, ditegaskan bahwa SKP ini merupakan hal yang sangat penting karena selain merupakan perjanjian kerja PNS yang harus dipenuhi, juga sangat berpengaruh ketika PNS akan mengajukan naik pangkat.

Ketika SKP tidak sesuai, maka hal itu bisa membuat usul pangkat yang diajukan menjadi TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Hal ini tentu saja akan menghambat karier PNS yang bersangkutan. Dengan demikian, penting sekali untuk memperhatikan mengenai SKP ini dan diingatkan secara berjenjang. Pada tahun 2017 ini, paling lambat awal Maret, SKP PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru sudah harus diserahkan kepada BKPPD Kotabaru.

Selain itu, dalam upacara bendera ini juga diingatkan kembali mengenai Pelaksanaan Ujian Dinas yang dilakukan untuk para PNS yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi (loncat golongan). Baik dari golongan II ke golongan III, maupun dari golongan III ke golongan IV bagi PNS yang tidak memiliki ijazah yang mendukung sehingga harus mengikuti Ujian Dinas. Secara umum, Upacara Bendera berlangsung hikmat dan lancar.

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017