Satu Tahun Sistem Layanan Terpadu Satu Pintu, BKPPD Kabupaten Kotabaru Terus Berinovasi

BKPPD Kotabaru –¬†Sistem Layanan Terpadu¬†Satu Pintu (One Gate System Service) yang merupakan pelayanan terdepan di BKPPD Kabupaten Kotabaru, dalam perjalanannya kini sudah memasuki tahun kedua. Setelah setahun menjalankan sistem ini, BKPPD Kabupaten Kotabaru terus berusaha untuk memperbaiki sistem, guna memberikan layanan yang prima kepada setiap pegawai yang berurusan di BKPPD. Dalam menerapkan sebuah sistem baru tentu perlu penyesuaian sehingga dalam prosesnya dapat dirasakan kelebihan dan kekurangan dari diterapkannya sistem ini.

Inovasi yang berarti tentu sangat diharapkan muncul agar dapat diaplikasikan untuk perbaikan layanan. Perubahan-perubahan yang kecil pun menjadi berharga ketika itu merupakan proses menuju perbaikan, begitupula pada Sistem Layanan Terpadu Satu Pintu yang ada di BKPPD Kabupaten Kotabaru ini. Tim Pelayanan Satu Pintu yang awalnya hanya terdiri dari Layanan Front Office (Petugas Front Office, Customer Service, Pengantar Berkas dan Pengantar Konsultasi), Verifikator Berkas dan Pelaksana Verifikator Berkas, kini sudah bertambah dengan adanya Verifikator Pengumpul Laporan dan Pelaksana Pengumpul Laporan.

Dua tugas baru ini bertujuan untuk mengumpulkan laporan hasil pelayanan kepegawaian yang diberikan setiap harinya. Dengan adanya Verifikator Pengumpul Laporan dan Pelaksana Verifikator Laporan ini menjadikan setiap petugas akan melaksanakan kewajibannya dengan penuh tanggungjawab, karena laporan akan diperiksa dan dimasukkan dalam sistem yang akan direkapitulasi hasilnya. Semua petugas memberikan pelayanan secara bergantian sesuai jadwal yang telah dibuat. Setiap hari petugas Layanan Terpadu Satu Pintu ini akan dikontrol kinerjanya oleh Pengendali SOP Harian. Selain itu, ada pula Verifikator SLDK dan Pelaksana SLDK yang menangani sistem yang berhubungan dengan Data Kepegawaian.

Dalam jangka waktu tertentu diadakan rapat untuk seluruh petugas yang terlibat dalam Layanan Terpadu Satu Pintu. Rapat bertujuan untuk mengingatkan kembali tugas pokok dan fungsi masing-masing petugas, agar semua yang terlibat dapat melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Contohnya, untuk para petugas yang berada di depan (di layanan Front Office) dibimbing untuk memberikan pelayanan yang lebih ramah, santun, sopan dan dibimbing bagaimana caranya untuk menyambut tamu dan memberikan layanan dengan lebih baik.

Sedangkan untuk para petugas yang memeriksa berkas, diarahkan untuk memeriksa berkas dengan lebih teliti dan cepat. Selain pembinaan agar lebih maksimal dalam memberikan pelayanan, semua petugas juga diingatkan untuk melaporkan hasil kerja setiap jadwal tugasnya. Laporan yang dikumpulkan berdasarkan bukti-bukti pelayanan dapat menjadi masukan penting bagi BKPPD Kabupaten Kotabaru untuk mengetahui bagaimana pelayanan dapat diberikan dengan sebaik mungkin untuk para pegawai yang berurusan.

Selain pembinaan dari segi petugas, perbaikan layanan juga dilakukan dari segi fasilitas. Ruangan Layanan Terpadu Satu Pintu juga beberapa kali mengalami perbaikan, dari segi sarana dan prasarana, seperti meja dan kursi, dinding dan berbagai fasilitas diberikan untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pegawai yang datang. Informasi-informasi terkait kepegawaian turut menghiasi Ruangan Pelayanan, antara lain informasi umum seperti Jadwal Taspen, Pemberitahuan mengenai Pemberkasan untuk Kenaikan Pangkat, Informasi terkait peraturan yang patut diketahui seperti Aturan mengenai Larangan Pungutan Liar dan mengenai kedisiplinan, serta informasi terbaru juga terpampang jelas seperti Informasi mengenai Seleksi untuk Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Formasi Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru.

Meskipun masih terdapat kekurangan-kekurangan dalam pelayanannya, Tim Layanan Terpadu Satu Pintu akan terus berusaha untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Oleh karena itu, masukan, kritik dan saran yang bersifat membangun tentu sangat diharapkan oleh BKPPD Kabupaten Kotabaru demi tercapainya tujuan memberikan pelayanan terbaik pada semua Pegawai Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017