64 Orang PNS Lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru Mengikuti Kegiatan Outbound di Ekowisata Hutan Meranti

BKPPD Kotabaru – Kamis, 16 Maret 2017, Ekowisata Hutan Meranti Desa Sebelimbingan Kotabaru ramai oleh adanya kegiatan Outbound Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru Tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kotabaru ini bertujuan untuk membentuk karakter kuat, memimpin dengan hati, menggunakan pola pendekatan nurani dan intuisi spiritual untuk mampu membimbing dan mengendalikan diri sendiri serta staf menuju sebuah keharmonisan bekerja.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti oleh 64 peserta. Para peserta terdiri dari 6 SOPD, yaitu Satuan Polisi Pamong Praja; Dinas Komunikasi dan Informatika; Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan; Dinas Pemuda dan Olahraga; Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan; serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Kegiatan Outbound ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh BKPPD Kotabaru dengan mengikutsertakan beberapa SOPD setiap tahunnya.

Metode outbound dipercaya sebagai metode yang paling efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun perilaku. Dalam kegiatan outbound ini dilaksanakan beberapa permainan, antara lain energizer/ frame work training (fun games & ice breaking) yaitu bentuk simulasi yang bersifat ringan atau rekreatif yang ditujukan untuk mencairkan suasana.

Berbagai permainan yang bersifat rekreatif ini dapat menolong agar para peserta dapat saling berkenalan dalam suasana yang bergembira serta mengubah suasanan ketegangan menjadi suasana yang nyaman dan menyenangkan. Ada pula middle impact session (simulation-competition) merupakan bentuk simulasi yang bermuatan kerjasama untuk membentuk tim building dan kepemimpinan (leadership).

Selain itu ada pula high impact session (high risk – rush adrenaline) yaitu games yang memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi. Bentuk permainannya seperti archery tag yaitu permainan tembak-tembakan menggunakan perangkat panahan, dan highrope yaitu serangkaian game tantangan berjalan di atas ketinggian. Pada kegiatan ini dilakukan flying fox yaitu meluncur dari ketinggian dengan menggunakan tali. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini selain untuk menyegarkan kembali pikiran dalam bekerja juga dapat menjadi salah satu cara untuk membentuk karakter sehingga mampu memberikan hasil kerja optimal.

Berikut beberapa dokumentasi yang sempat diabadikan

 Panitia berfose sebelum pelaksanaan Outbond  

Pengarahan Panitia Penyelenggara

Penyampaian materi pembinaan mental

Peserta outbond saat game meniti kayu/tali

Peserta saat bermain game meniti kayu

Game pundak berantai

Game untuk melatih kerjasama

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017