BKPPD Kotabaru Adakan Asistensi Pengisian SKP

BKPPD Kotabaru – Pegawai Negeri Sipil sebagai sumber daya manusia bagi pemerintah yang diharapkan memberikan kontribusi bagi negara dan masyarakat, tentu harus mempunyai kompetensi yang memadai. Tolak ukur kompetensi dapat diketahui salah satunya dengan melihat bagaimana PNS tersebut dalam menyusun target-target pekerjaannya dan bagaimana pula pencapaian dari target tersebut. Rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh pegawai disebut sebagai Sasaran Kerja Pegawai (SKP).

Sebelum adanya SKP, pegawai mengisi DP3 yaitu Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan. Perbedaan antara DP3 dan SKP adalah jika DP3 yang dinilai berfokus pada perilaku kerja PNS, sedangkan SKP lebih pada capaian kinerja PNS yang bersangkutan dalam setiap targetnya. Peraturan yang mendasari penyusunan SKP yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Pada kenyataannya pengisian SKP ternyata tidaklah mudah, jika pegawai tidak mendapat pengetahuan yang cukup mengenai cara pengisian SKP dengan baik dan benar. Jika hal ini terjadi, besar kemungkinan akan ditemukan pegawai yang mempunyai kesalahan dalam pengisian SKP. Hal ini berpengaruh pada urusan kepegawaian lainnya, khususnya pada layanan kepegawaian yang memerlukan SKP sebagai persyaratannya. Jika SKP PNS bermasalah, urusan kepegawaian yang lain pun bisa terhambat. Hal ini tentu sangat tidak diharapkan, oleh karena itu sebagai upaya antisipasi, BKPPD Kotabaru pun melakukan asistensi kinerja yang didalamnya dibahas mengenai tata cara pengisian SKP untuk jabatan struktural dan pelaksana, serta dijelaskan pula mengenai kedisiplinan PNS khususnya dari segi daftar hadir.

Kegiatan asistensi kinerja berlangsung selama satu hari yaitu pada hari Kamis, 20 April 2017 bertempat di Aula BKPPD Kotabaru. Kegiatan ini khusus diikuti oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dari 36 Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru selaku pejabat yang menangani langsung kepegawaian di instansi masing-masing. Pelaksanaan dilakukan dalam dua tahap, masing-masing tahap diikuti oleh perwakilan dari 18 SOPD. Tahap pertama berlangsung sekitar pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WITA, sedangkan tahap kedua berlangsung sekitar pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WITA.

Materi diberikan oleh Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan BKPPD Kotabaru (Baderuddin, SKM, DAP.E., MAP), Kepala Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur I BKPPD Kotabaru (Puji Hastuti, SH) dan Kepala Sub Bidang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Aparatur II BKPPD Kotabaru (Retno Jatiningsih, S.Kom). Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat menyamakan persepsi mengenai tata cara pengisian SKP dengan baik dan benar. Selanjutnya akan diselenggarakan pula kegiatan asistensi kinerja khusus untuk kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan mengenai pelaksanaannya akan diberitahukan kemudian.

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017