Upaya Efektif Meningkatkan Kesejahteraan Fisik dan Mental Pegawai

BKPPD Kotabaru – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kotabaru memiliki visi yaitu Terwujudnya Manajemen Aparatur Sipil Negara yang Akuntabel dan Profesional, yang salah satunya dapat diraih dengan melaksanakan misi ‘Meningkatkan Kesejahteraan dan Kinerja Aparatur.’ Meningkatkan kesejahteraan dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana namun berkelanjutan, seperti melaksanakan kegiatan penyegaran yang bermanfaat di sela-sela rutinitas pekerjaan. BKPPD Kotabaru berusaha mewujudkannya dengan menerapkan di lingkungan kerja BKPPD yaitu dengan cara mengagendakan kegiatan ceramah agama dan senam yang dilaksanakan secara berjadwal. Kegiatan ini bertujuan agar para pegawai tetap dapat merasakan penyegaran baik secara fisik maupun mental. Kondisi fisik dan mental yang optimal turut berperan dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai dan selanjutnya berpengaruh pada kinerja pegawai dalam instansi.

Pegawai merupakan sumber daya terpenting dalam suatu organisasi karena merekalah yang memberikan ide, tenaga, bakat dan kreatifitas kepada organisasi. Oleh karena itu, maka penting untuk memastikan agar pegawai dalam keadaan sejahtera secara fisik dan mental. Diadakannya ceramah agama dan senam adalah contoh kegiatan yang efektif untuk dilaksanakan di instansi. Sedangkan jika ingin melakukan penyegaran yang lebih maksimal dampaknya, dapat dilakukan perencanaan kegiatan yang lebih matang, seperti dilaksanakannya outbound.

BKPPD Kotabaru menjadwalkan kegiatan ceramah agama dan senam setiap hari Jum’at dengan pelaksanaan bergantian, hari Jum’at merupakan hari yang tepat untuk melakukan penyegaran dalam sepekan sebelum memasuki weekend. Jika Jum’at dipekan ini dilaksanakan ceramah agama, maka Jum’at depan dilaksanakan senam. Kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pagi ini, biasanya berlangsung sekitar 40 menit. Setelah kegiatan, para pegawai terlihat lebih segar dan lebih siap bekerja.

Dalam pelaksanaan kegiatan ceramah agama, pegawai merasakan manfaat yaitu menambah wawasan mengenai pengetahuan agama dan pegawai juga dapat berdiskusi dengan pemateri seputar pengetahuan agama. Sedangkan dalam kegiatan senam, para pegawai merasakan senam sebagai suatu kebutuhan karena dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari lebih banyak duduk, maka pergerakan fisik berupa olahraga menjadi hal yang diperlukan. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk lebih mempererat hubungan kerja antar pegawai yang berbeda bidang. Meskipun memerlukan waktu sekitar 40 menit dalam pelaksanaannya, pelayanan kepegawaian BKPPD Kotabaru tetap berjalan karena untuk pegawai yang datang ke BKPPD Kotabaru tetap dilayani oleh petugas front office yang bertugas pada hari itu.

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017