BKPPD Kotabaru Semarakkan Karnaval Hari Kemerdekaan

BKPPD Kotabaru – Kamis, 17 Agustus 2017, 72 tahun sudah Indonesia menjadi negara yang merdeka. Setiap tahun pula, hari ini diperingati sebagai tanggal yang bersejarah bagi negeri ini. Setiap daerah berlomba-lomba untuk menyemarakkan hari kemerdekaan. Begitu pula di Kabupaten Kotabaru, serangkaian acara disiapkan untuk memperingati hari Kemerdekaan sejak tanggal 16 sampai 19 Agustus 2017, antara lain Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera, Pidato Kenegaraan, Upacara Pawai Taptu, Renungan Suci, Upacara Detik-detik Proklamasi, Upacara Ziarah Nasional, Pemberian Remisi Nasional, Syukuran dan Shalat Hajat, Upacara Penurunan Bendera, Malam Ramah Tamah, serta Karnaval.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kotabaru juga turut serta berpartisipasi dalam rangkaian ini. Kegiatan yang paling semarak diikuti adalah Karnaval. Hal ini dikarenakan BKPPD Kotabaru menampilkan hal yang berbeda dari karnaval tahun-tahun sebelumnya. Pada karnaval tahun ini, BKPPD Kotabaru memberikan gambaran mengenai kegiatan dan informasi tentang kepegawaian. Data kepegawaian dengan kualifikasi pada tiap-tiap jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA, S1, dan S2, dibawa dengan mengenakan kostum sesuai jenjang pendidikan tersebut.

Selain itu, ada pula yang memakai kostum IPDN dengan keterangan Rekrutmen dengan Jalur IPDN, Peserta Diklat Prajabatan (Pelatihan Dasar CPNS), Peserta Diklatpim, PNS yang sedang Tugas Belajar, PNS yang mendapatkan Penghargaan Satyalancana karya Satya, Pembinaan Fisik (Outbound), Pembinaan Mental (Pengajian). Seragam yang digunakan oleh PNS sehari-hari juga ditampilkan, antara lain Pakaian Dinas Harian (PDH) PNS Pelaksana (dulu dikenal dengan Jabatan Fungsional Umum) yaitu PDH Kuning Khaki, Seragam Hitam Putih, Batik/ Sasirangan, serta ada seragam PDH PNS JFT (Jabatan Fungsional Tertentu) seperti Jabatan Fungsional Dokter. Gambaran mengenai Pelayanan Kepegawaian yang diberikan juga turut menghiasi barisan Karnaval BKPPD Kotabaru, seperti Cuti Alasan Penting untuk naik Haji, Cuti Alasan Penting untuk Melangsungkan Pernikahan, Cuti Melahirkan, Cuti Sakit dan Pensiun PNS. Selain itu, ada pula kostum yang menggambarkan PNS yang sedang dinas luar serta PNS yang diberhentikan karena tidak disiplin. Sedangkan informasi kepegawaian seperti Pembuatan SKP (Sasaran Kerja Pegawai), Stop Pungli, dikemas dalam bentuk tulisan yang dibawa oleh Pegawai BKPPD dan ada pula yang dipajang di mobil BKPPD Kotabaru yang telah dihias sedemikian rupa.

Diharapkan dengan mengikuti rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI yang ke-72 ini dapat meningkatkan kembali semangat nasionalisme dalam jiwa rakyat Indonesia dan secara khusus diharapkan kegiatan karnaval bagi SKPD ini dapat mempererat kekompakan, kebersamaan dan kerjasama antar pegawai di SKPD, utamanya ketika melakukan persiapan untuk menyambut karnaval yang melibatkan berbagai ide dan tenaga sebagai kontribusi pegawai untuk menyemarakkan karnaval ini.

Berikut beberapa moment yang sempat diabadikan :

PNS dengan adegan Cuti Sakit

PNS dengan Busana PDH Kuning Khaki, Outbond, Pembinaan Mental, Penerima Satya Lencana, dan PNS yang diberhentikan

PNS dengan Seragam SD, SMP, SMA, Praja IPDN, S1/S2, PDH Kuning Khaki, PDH Putih Hitam, Korpri, dan Seragam Prajabatan

PNS dengan Seragam SD, SMP, SMA, Praja IPDN, S1/S2, PDH Kuning Khaki, PDH Putih Hitam, Korpri, dan Seragam Prajabatan, Cuti Melahirkan, Cuti Kawin, PNS Tugas Belajar, CUti Sakit, CUti Naik Haji

Para Karyawan/Karyawati BKPPD Tetam Semangat Meski Panas Menyengat

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017