Evaluasi Sistem Layanan Terpadu Satu Pintu BKPPD Kotabaru

BKPPD Kotabaru – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kotabaru sebagai SKPD yang memberikan layanan kepegawaian terus berupaya melakukan inovasi dan evaluasi terhadap kinerja dan pelayanan yang diberikan kepada PNS Pemkab Kotabaru. Salah satu inovasi yang telah dilaksanakan adalah dengan adanya Layanan Administrasi Terpadu Satu Pintu. Inovasi yang telah berjalan selama 1 tahun 8 bulan ini terus berusaha diperbaiki dengan melakukan evaluasi-evaluasi, baik evaluasi dari aspek layanan yang diberikan, cara memberikan layanan sampai evaluasi pada petugas pemberi layanan.

Secara berkala, Tim Layanan Terpadu Satu Pintu BKPPD Kotabaru melaksanakan Rapat sebagai bentuk evaluasi. Sebelum diadakan rapat terlebih dahulu dibagikan kuesioner tentang Layanan Terpadu Satu Pintu kepada seluruh Pegawai di BKPPD Kotabaru. Hasil dari kuesioner ini yang kemudian turut menjadi bahan rapat. Rapat untuk Triwulan III dilaksanakan pada hari Rabu, 27 September 2017. Berbagai masukan, kritik dan saran dibahas dan permasalahan yang ada diupayakan untuk dicarikan solusinya bersama. Dalam rapat ini terdapat peraturan baru yang perlu diketahui oleh para PNS Pemkab Kotabaru yang berurusan ke BKPPD Kotabaru, yaitu Jadwal Jam Istirahat Layanan Terpadu Satu Pintu dari Pukul 12.00 s/d 13.00 WITA setiap hari kerja (Senin-Jum’at).

Selain itu, diharapkan pegawai yang datang berurusan juga bisa bekerjasama dengan baik dengan mengisi identitas secara lengkap di buku tamu termasuk pengisian nomor telepon/ handphone yang bisa dihubungi. Pengisian nomor telepon/ handphone bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan, yaitu jika layanan kepegawaian yang diusulkan sudah selesai diproses, BKPPD Kotabaru dapat segera menginformasikan kepada pegawai tersebut melalui layanan SMS Center BKPPD Kotabaru. Diharapkan pula pegawai yang berurusan ke BKPPD Kotabaru menyebutkan dengan jelas tujuan/ layanan kepegawaian yang diperlukan agar petugas piket Layanan Satu Pintu dapat memberikan layanan secara maksimal.

Khusus untuk Petugas Front Office, yaitu petugas yang melayani tamu didepan diharapkan bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada PNS Pemkab Kotabaru yang datang, seperti menyambut PNS Pemkab Kotabaru yang ingin berurusan dengan hangat dan senyum. Untuk memberikan semangat pada petugas yang Front Office, pada rapat kali ini dilakukan sesi pemberian hadiah kepada petugas Front Office terbaik berdasarkan penilaian hasil kuesioner, dan petugas Front Office yang terpilih adalah Erliana Primayanti, S.Kom. Diharapkan dengan adanya evaluasi ini dapat memotivasi para petugas Layanan Terpadu Satu Pintu untuk dapat memberikan layananan prima dan profesional.

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017