Indeks Kepuasaan Masyarakat untuk BKPPD Kabupaten Kotabaru

BKPPD Kotabaru – BKPPD Kabupaten Kotabaru sebagai Satuan Kerja yang menangani kepegawaian terus berinovasi untuk dapat memberikan layanan terbaik. Untuk itu, BKPPD Kabupaten Kotabaru melaksanakan Survei Kepuasan Pelanggan yang dilakukan secara manual agar memperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan yang diberikan selama ini. IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kunatitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara layanan publik dengan membandingkan harapan dan kebutuhannya.

Adapun IKM pada BKPPD Kabupaten Kotabaru jika dilihat dari Indeks per unsur pelayanan maka indeks unit pelayanan bernilai 2,93 dan nilai IKM setelah dikonversi adalah 73,16. Sedangkan untuk mutu pelayanan bernilai B dan kinerja unit pelayanan bernilai baik. Dalam survei ini juga dapat diketahui kekurangan-kekurangan dalam pemberian layanan. BKPPD Kabupaten Kotabaru melakukan usaha untuk meningkatkan mutu pelayanan antara lain: membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan, membentuk Sistem Pelayanan Kepegawaian Terpadu Satu Pintu, membentuk tim Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan Kepegawaian Terpadu Satu Pintu, memberikan reward kepada petugas pelayanan terbaik melalui penilaian hasil survei internal pegawai lingkup BKPPD Kabupaten Kotabaru, penggunaan/ pemakaian identitas petugas pelayanan termasuk peggunaan pin/ logo “Stop Pungli” dalam memberikan pelayanan, mengadakan rapat evaluasi terkait pelayanan kepegawaian satu pintu, meningkatkan kompetensi petugas Pelayanan Kepegawaian Terpadu Satu Pintu melalui pelatihan. Selain itu, upaya yang dilakukan BKPPD Kabupaten Kotabaru dalam meningkatkan mutu pelayanan antara lain Peningkatan SDM BKPPD Kabupaten Kotabaru melalui Pengiriman Pendidikan dan Pelatihan Analis Kepegawaian serta Pelayanan Prima, Melaksanakan pengembangan sistem yang tersinkronisasi dengan BKN dan BKD Provinsi sehingga pelayanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun dapat selesai secepatnya; Meningkatkan ketersediaan fasilitas penunjang pemberian layanan kepegawaian, serta Memaksimalkan kemajuan teknologi informasi dalam penyebaran informasi layanan dan produk layanan.

Dalam rangka meningkatkan dan mengukur kualitas pelayanan, BKPPD Kabupaten Kotabaru melakukan survei melalui “Aplikasi Survei” yang sangat praktis dan mudah digunakan dalam pengisiannya.

Berikut adalah screenshot dari aplikasi tersebut :

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017