Aplikasi Early Warning System

BKPPD Kotabaru – Badan Kepegawaian Negara (BKN) kini membangun aplikasi baru yaitu Early Warning System (EWS) atau disebut juga sebagai Sistem Peringatan Dini. Sistem ini merupakan perwujudan dari penerapan Pasal 48 huruf g Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang menyatakan bahwa BKN bertugas mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria Manajemen ASN, yaitu dengan memanfaatkan informasi yang tersimpan di dalam Database Kepegawaian Nasional sebagaimana tercantum dalam Pasal 47 huruf c yang menyebutkan bahwa BKN memiliki fungsi penyimpanan informasi Pegawai ASN yang telah dimutakhirkan oleh Instansi Pemerintah serta bertanggungjawab atas pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi ASN.

Dalam sistem ini sangat penting tersedianya data maupun informasi yang valid tentang berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya pelanggaran Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) mutlak diperlukan untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas wasdal yang dilakukan. Dengan adanya data tersebut maka dapat tercipta Sistem Deteksi Dini dan kegiatan audit dapat dititikberatkan pada yang bersifat pencegahan. Adapun yang menjadi sumber data dalam sistem ini adalah Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK), Pengendalian Kepegawaian (DALPEG) dan File Regulasi.

Early Warning System (EWS) merupakan suatu aplikasi yang menyajikan data kepegawaian dengan tujuan untuk menciptakan deteksi dini terhadap permasalahan kepegawaian maupun potensi pelanggaran sehingga dapat mengambil tindakan preventif atas kemungkinan risiko yang muncul dan solusi terhadap permasalahan kepegawaian tersebut. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan mampu mengintegrasikan berbagai database informasi kepegawaian yang dikelola oleh BKN. Data Kepegawaian yang berkaitan dengan manajemen pengawasan dan pengendalian kepegawiaan dapat dikumpulkan dalam bentuk datawarehouse dan dipantau perkembangannya secara realtime, sehingga fungsi pengawasan dan pengendalian kepegawaian di lingkungan BKN dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas dan fungsinya terutama yang bersifat preventif. Selain itu, pembinaan kedisiplinan PNS dapat terkelola dengan lebih cepat dan efektif serta informasi yang dihasilkan dapat menajdi arahan saran dan kebijakan NSPK terkait manajemen ASN.

BKPPD Kabupaten Kotabaru © 2017